The Hight Game Basket Ball - Untuk Blogger

The Hight Game Basket Ball


Hight game the basketball, julukan yang tepat untuk permaianan ini. tidak hanya mengandalkan badan yang tinggi kelincahan juga sangat diperlukan untuk mencapai kemengan. Kenapa saya panggil hight, karena permaianan ini merupakan kemunculan permainan – permainan populer lainnya. Untuk lebih jelasnya cek di bawah untuk mengetahui asal usul permainan ini.

SEJARAH

Permainan bola basket ditemukan oleh Dr.james naismith pada tahun 1981. Awalnya permainan ini muncul secara tidak sengaja. Karena pada saat itu sedang musim dingin akibatnya para siswa tidak bisa melakukan kegiatan di luar dikarenakan salju yang  sangat lebat sampai menutupi ruas jalan maupun lapangan. 

sehingga terjadi kekosongan kegiatan, melihat hal ini Dr.james naismith yang merupakan seorang guru olahraga tidak sengaja menciptakan sebuah permaianan yang dapat dimainkan di ruang tertutup sehingga saat musim hujan maupun musim dingin tidak akan menjadi ancaman dan permainan ini nantinya menjadi pelopor terciptanya permainan bola besar 


seperti bola voli dan lainnya. Sebenarnya james naismith terinspirasi dari permainan yang ia mainkan saat masih kanak – kanak di Ontario. Dari hal yang sederhana itu terciptalah permainan yang sangat di gemari di dunia yang sekarang di kenal sebagai bola basket pada 15 Desember 1981.

ORGANISASI


FIBA
Organisasi dunia yang menaungi olahraga bola basket adalah FIBA atau Fédération Internationale de Basketball Amateur. Berdiri sejak tanggal 18 Juni 1932. Pendiri Fiba terdiri atas beberapa negara diantara nya; Argentina, Cekoslowakia, Yunani, Italia, Latvia, Italia, Rumania, dan Swiss.

FIBA menggelar berbagai kejuaran bola basket internasional sepeti, kejuaraan dunia FIBA (kejuaraan antar negara), Kejuaraan dunia FIBA antar klub, dan kejuaraan bola basket Olimpiade. Pada awalnya, FIBA memberikan aturan khusus yang mengatur bahwa pemain yang boleh berkompetisi di turnamen Olimpiade basket hanyalah pemain berlevel amatir, namun sejak tahun 1989, FIBA mulai memberi kesempatan bagi para pemain profesional untuk berpartisipasi dalam Olimpiade.


Ini membuat pemain-pemain dari NBA di Amerika Serikat hingga pemain-pemain pro di Euroleague mampu memperkuat negaranya di Olimpiade.
Keputusan ini menjadikan negara Amerika Serikat, Spanyol, Lithuania, Jerman, Prancis, dan Argentina menguasai pergelaran Olimpiade karena banyaknya pemain mereka yang berkompetisi di kedua liga tersebut. Saat ini Fiba bermarkas di Mies, Swiss.

PERBASI
Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia atau PERBASI adalah induk organiasai bola basket di indonesia. Berdiri pada tangal 23 Oktober 1951. Tony Wen dan Wim Latumeten merupakan ketua dan sekertaris pertama dalam organisasi perbasi. 

Pada awal kemunculannaya Perbasi disingkat sebagai Persatuan Basketball Seluruh Indonesia. Sampai pada tahun 1955, nama PERBASI kemudian diubah, disesuaikan dengan perbendaharaan kata di bahasa Indonesia. Kata “Basketball” pun dibuang, dan nama PERBASI disulap menjadi “Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia” dengan tetap mempertahankan singkatan Perbasi.

NBA
Satu lagi induk organisasi basket ball yang perlu kalian ingat yaitu NBA atau National Basketball Association merupakan liga basket Hype terbesar dan kualitas permainan tertinggi di dunia. NBA di bentuk pada tanggal 6 juni 1946 di kota New York. 

Karena lahir di america Awalnya nama organisasi ini bukanlah NBA melainkan BAA atau Basketball Association of America.NBA merupakan induk organisasi bola basket pria di Amerika Serikat. Mereka juga lah yang menyelenggarakan liga basket  yang ada di Amerika Serikat.

PERMAINAN




Permainan bola basket dalam satu tim terdiri atas 5 orang yang saling bertanding untuk memasukan bola kedalam keranjang. Dalam permainan ini terdapat 3 posisis utama diantara nya, forward (striker dalam sepak bola), defense (pemain bertahan), Playmaker (pemain tokoh kunci yang mengatur alur bola dan strategi yang di mainkan oleh rekan – rekan stimnya). Permainan  bola basket merupakan awal dari terciptanya permainan bola besar lainnya.

Layaknya seorang neymar yang piawai dalam menggiring si kulit bundar, permainan bola basket juga memerlukan skil dalam mendribble bola , tidak hanya itu seorang pebasket juga harus lihai menipu lawannya agar tidak mudah bola di rebut. Dengan trik trik yang terbilang indah untuk di saksikan oleh mata membuat permainan ini memiliki seni yang hight se akan – akan membawa kita ke dalam dunia imajinasi.    

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini

Notification
eitss mau kemana...
Done