Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Bayi dalam Kandungan - Untuk Blogger

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Bayi dalam Kandungan

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Bayi dalam Kandungan


Menjadi seorang ibu bukanlah hal yang mudah, namun juga bukan hal yang sulit. Untuk tetap produktif dalam beraktifitas sehari - hari saat hamil tentunya ada hal-hal yang perlu diketahui ibu hamil, dengan pola hidup yang sehat, makan teratur, dan melakukan gerakan senam hamil akan membuat kamu dan bayi yang ada dalam kandungan akan tumbuh dengan sehat.

Dikaruniai seorang momongan merupakan sebuah kabar dan berita bahagia yang tentunya tidak dapat kita gambarkan dengan sebuah kata-kata. Menjaga kehamilan yang sedang kita alami merupakan sebuah tindakan selanjutnya yang harus kita lakukan. Berikut tips-tips yang dapat dilakukan Ibu Hamil untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan bayi dalam kandungan.

Tetap bergerak

Selama kehamilan pasti akan diikuti dengan kenaikan berat badan yang tidak sedikit. Jangan takut, tetaplah berolahraga dengan gerakan senam hamil setidaknya 30 menit sehari untuk membentuk tubuh ideal sesudah melahirkan. Bahkan, olahraga rutin ini dapat mempermudah proses kelahiran bayi. Olahraga yang dapat dilakukan bisa dengan berjalan santai di pagi hari, bersepeda, berenang, atau mengikuti kelas senam hamil.

Nutrisi yang tepat untuk ibu hamil

Biasanya ketika ibu hamil sedang ngidam, Pasti ada saatnya menginginkan makanan yang sebenarnya tidak boleh dikonsumsi. Ingat! Fokus kamu demi menjaga kesehatan calon buah hati kamu, jadi tetap harus mengonsumsi banyak makanan yang mengandung protein, kalsium, besi, folic acid. Stok buah, sayuran, gandum, dan low fat produk. Lupakan keripik, biskuit, soda atau junk food yang tidak mengandung kalori apapun.

Check-up ke dokter kandungan

Biasakan diri kamu check-up ke dokter untuk mengetahui bagaimana perkembangan sang buah hati, informasi tentang nutrisi, dan suplemen yang tepat selama kehamilan. Selain itu, Mums juga bisa mengetahui bagaimana cara mengontrol emosi selama kehamilan, serta tentang obat-obatan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi selama masa kehamilan.

Jangan lupa beristirahat

Saat tubuh merasa lelah, alangkah baiknya untuk beristirahat dan tidak memaksakan tubuh serta fikiran untuk terlalu banyak beraktifitas. Lakukan dengan cara berdiri dan meluruskan serta menggerak-gerakan kaki, jika sudah duduk terlalu lama, lakukan dengan perlahan.

Pakailah pakaian yang nyaman

Pakaian yang nyaman juga merupakan salah satu faktor yang perlu diperhatikan ibu hamil. Gunakan pakaian yang dapat menyerap keringat, seperti dari bahan katun, hal ini berguna untuk menghindari gatal-gatal yang terjadi di sekitar perut saat kehamilan, selain itu hindari pakaian yang terlalu ketat.

Kurangi stress

Jika ibu hamil tidak dapat menghilangkan faktor stres, cobalah untuk menemukan cara untuk mengelolanya, seperti latihan pernafasan, yoga, peregangan atau hanya berjalan-jalan pendek.  Stres merupakan faktor yang dapat mengakibatkan gangguan kehamilan serius pada kehamilan anda. Hal ini dikarenakan bayi yang ada di dalam kandungan anda dapat merespon dan merasakan apa yang sedang anda alami.

Oleh karena itu penting bagi anda untuk dapat menghindari stres yang berkepanjangan. Dan selama anda dalam masa kehamilan, anda pun harus mampu bersiap dengan kelahiran yang akan datang dengan pasti.

Menjauhi alat kecantikan dan kosmetik

Ada baiknya anda menghindari penggunaan-penggunaan alat kecantikan yang dapat berdampak tidak baik bagi kehamilan anda. Salah satunya adalah dengan menjauhi penggunaan lipstik yang mempunyai bahan yang berbahaya yang dapat tertelan dan masuk pada tubuh anda, walaupun pada umumnya takaran pengawet dan pewarna pada lipstik masih ada dalam batas yang wajar. Namun ada baiknya anda menghindarinya untuk dapat meminimalisir kemungkinan yang dapat terjadi.


Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini

Notification
eitss mau kemana...
Done