Kenali 5 Pemicu Alergi Pada Anak - Untuk Blogger

Kenali 5 Pemicu Alergi Pada Anak


Kenali 5 Pemicu Alergi Pada Anak


Ada pepatah mengatakan bahwa anak merupakan belahan jiwa bagi kedua orangtuanya. Oleh karena sedemikian penting dan berharganya anak, tidak heran jika orangtua akan selalu memberikan perhatian lebih untuk anak. Apalagi jika Anda baru saja menjadi orangtua, maka mempelajari tahap-tahap perkembangan anak adalah keharusan agar Anda bisa mendampingi dan mendukung setiap tahapan tumbuh kembang si kecil.

Usia anak tidak pernah terulang kembali, sehingga penting bagi Anda untuk meluangkan banyak waktu bersama anak. Terlebih jika si kecil masih berada pada tahapan golden age atau yang sering dikenal sebagai usia emas. Tahapan ini harus Anda manfaatkan dengan baik dengan mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangannya.

Mengoptimalkan daya tumbuh kembang anak memang tidak mudah. Selain karena Anda dituntut untuk lebih sering membersamai anak, hal lain yang juga menjadi salah satu kendala adalah imunitas anak yang masih rentan terhadap virus maupun bakteri. Bahkan tidak sedikit anak yang saat balita telah mengalami alergi.

Mengenal Pemicu Alergi

Bagi Anda yang sudah mengetahui jenis alergi yang diderita si kecil tentu sudah tahu apa saja pantangan alergi yang harus dihindari. Namun, bagi Anda yang belum berpengalaman sudah pasti dibuat panik saat mendapati anak mengalami alergi. Guna menghindari khawatir berlebih, berikut akan kami berikan ulasan mengenai hal-hal yang bisa menjadi pemicu alergi pada anak.

1. Susu sapi
Kenali 5 Pemicu Alergi Pada Anak

Alergi susu sapi kerap dialami oleh beberapa bayi hingga balita.Alergi jenis ini sering ditandai dengan diare atau muntah.

2. Telur ayam
Kenali 5 Pemicu Alergi Pada Anak

Bayi juga akan mengeluarkan reaksi penolakan apabila alergi terhadap telur ayam. Hal ini dapat terlihat apabila ketika masa MPASI Anda memberikan telur ayam kemudian muncul kemerahan pada kulit atau bintik-bintik di area tertentu.

3. Ikan laut
Kenali 5 Pemicu Alergi Pada Anak

Meski bagus untuk mendukung tahap-tahap perkembangan anak, namun protein tinggi yang dimiliki ikan laut belum tentu dapat diterima dengan baik oleh tubuh si kecil. Dalam beberapa kasus, anak yang memiliki alergi terhadap ikan laut akan mengalami gatal-gatal, ruam, bahkan hingga asma.

4. Kacang-kacangan
Kenali 5 Pemicu Alergi Pada Anak

Tidak hanya protein hewani, terkadang si kecil juga berpotensi alergi terhadap kacang-kacangan. Akan tetapi, alergi yang diderita tidak parah. Seperti gatal pada tenggorokan dan menyebabkan batuk.

5. Buah-buahan
Kenali 5 Pemicu Alergi Pada Anak

Selain itu, alergi terhadap beberapa jenis buah juga dapat berpotensi dialami oleh anak. Misalnya saja pada buah yang berlendir atau bergetah. Dan bentuk penolakan tubuhnya juga sama dengan kacang-kacangan pada umumnya, yakni gatal pada tenggorokan.

Apabila Anda menemukan reaksi atau kondisi tidak biasa pada tubuh anak usai memberikan anak makanan atau minuman tertentu, maka Anda patut curiga bahwa si kecil tengah mengalami alergi. Segera ajak anak ke dokter untuk mendapatkan perawatan medis. Umumnya, dokter akan menyarankan anak untuk menghindari pantangan alergi. 

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini

Notification
eitss mau kemana...
Done