Berikut Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan dalam Perawatan Luka Operasi di Rumah - Untuk Blogger

Berikut Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan dalam Perawatan Luka Operasi di Rumah

Berikut Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan dalam Perawatan Luka Operasi di Rumah


Ketika selesai dioperasi, maka biasanya Anda akan tinggal beberapa lama di rumah sakit untuk mendapatkan tindakan yang dibutuhkan. Setelah dokter merasa kondisi pasiennya sudah baikan maka biasanya akan dipersilahkan pulang. Akan tetapi ketika pulang tersebut biasanya ada hal yang harus tidak boleh dilakukan dan harus diperhatikan oleh pasien setelah dioperasi. Salah satunya adalah karena bekas operasi tentunya belum sembuh sepenuhnya sehingga membutuhkan perawatan luka operasi di rumah. Untuk melakukan perawatan luka anda juga dapat memanggil dokter datang ke rumah atau pun melakukannya sendiri dengan mencari tahu bagaimana cara perawatan luka yang tepat.

Adapun untuk beberapa hal yang harus diperhatikan untuk dapat melakukan perawatan tersebut adalah:

1. Menghindari luka operasi agar tidak terkena air

Hal pertama yang harus diperhatikan oleh pasien setelah mendapatkan operasi di rumah sakit dan sudah pulang ke rumah adalah menjaga luka operasi yang didapatkan tidak terkena air. Hal ini merupakan hal utama yang harus dilakukan terutama 24 jam setelah operasi. Cara yang paling mudah untuk menghindari agar luka tidak terkena air, dimanapun operasi yang dilakukan adalah dengan tidak mandi ketika hari pertama setelah operasi. 

Cara tersebut merupakan cara yang paling mudah untuk menghindarinya, karena apabila mandi dan berusaha untuk menutup luka maka bisa membuat bahaya. Oleh karena itulah cukup untuk membersihkan tubuh saja pada hari pertama setelah operasi yang bisa dilakukan dengan menggunakan kain dan spons.

2. Mengganti perban secara berkala

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan untuk melakukan perawatan luka operasi di rumah dengan tepat adalah selalu menjaga kebersihan perban. Hal ini penting agar luka tetap bersih dan tidak menimbulkan infeksi. Hal tersebut juga akan membuat luka cepat sembuh sehingga bisa menggantinya secara berkala. Adapun ketika mengganti perban juga sangat penting, terutama untuk kebersihan luka dan juga kebersihan tangan ketika mengganti perban. Sehingga pastikan kebersihan dari melepas perban pertama, membersihkan luka, hingga memperbanyak kembali.

3. Menjaga jahitan agar tidak robek

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah dengan menjaga jahitan agar tidak robek. Misalnya beberapa hal yang dapat membuat jahitan menjadi robek adalah karena tekanan dalam perut yang meningkat karena batuk, bersin, dan juga mengejan. Sehingga Anda bisa melakukan beberapa upaya untuk menghindari hal tersebut sebelum luka benar-benar sembuh. 

Seperti dengan menahan batuk atau bersih agar tidak terlalu kuat dan juga dengan mengkonsumsi makanan berserat agar tidak mengejan dan mengalami sembelit. Selain hal itu, ada juga hal lainnya yang perlu diperhatikan agar tidak membuat jahitan luka operas terbuka seperti dengan tidak menggaruk bagian luka operasi yang terasa gatal dan juga hindari melakukan olahraga.

Berbagai upaya di atas adalah untuk menjaga luka dan juga jahitan operasi tidak mengalami masalah selama di rumah. Sehingga setelah luka operasi dan juga jahitan sudah bisa dilepas maka sebaiknya juga melakukan berbagai pantangan tersebut dengan perlahan agar tidak membuat luka bekas operasi terbuka kembali. Untuk batas lamanya melakukan hal tersebut juga tergantung dari operasi yang dilakukan, sehingga mengikuti waktu tergantung dari operasi masing-masing.

Adapun untuk lamanya perawatan luka operasi di rumah tersebut bisa dilakukan hingga jahitan bisa dilepas. Dimana waktunya seperti yang telah dijelaskan adalah mengikuti lokasi luka operasi yang dialami seperti berikut:

1. Operasi di wajah sekitar 3 hingga 5 hari.
2. Luka di kulit kepala membutuhkan waktu hingga 10 hari.
3. Dada, perut, dan tangan sekitar 14 hari.
4. Telapak tangan dan kaki sekitar 21 hari.


Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini

Notification
eitss mau kemana...
Done